Jokowi Memenuhi Syarat Sebagai Pemimpin dengan Karakter Islam yang Ideal

1
289
Jokowi Memenuhi Syarat Sebagai Pemimpin dengan Karakter Islam yang Ideal
Imam Iswadi (PartaiPPP.com)

Pemimpin yang ideal menurut Islam tentu kita harus kilas balik melihat Pribadi Rosululloh Muhammad SAW, sebagai tolak ukurnya. Rosululloh Muhammad SAW merupakan figur dari pemimpin Agama sekaligus pemimpin Negara yang patut menjadi contoh bagi para pemimpin di dunia ini, karena dalam pribadi Rosululloh SAW seluruhnya dipenuhi kebaikan dan kebaikan.

Menurut Al Qur’an surat Al Azhab ayat 21 Allah Mengatakan,” Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rosululloh itu suri tauladan yang baik  bagimu (yaitu) orang-orang yang mengharap(rahmat) Allah dan (kedatangan)hari kiamatdan dia Banyak menyebut Allah”. Ada Empat Sifat yang di karuniai Allah kepada rosululloh Muhammad SAW meliputi : Sidiq, Amanah, Tabligh dan Fatonah. Inilah yang menjadi tolak ukur seorang pemimpin yang layak untuk memimpin ummat. Empat sifat inilah yang menjadi tolak ukur pemimpin dunia.

Lalu kita melihat sosok Jokowi yang fenomenal sebagai pemimpin Negara Indonesia yang sangat luas dan Besari ini, penduduk yang sangat banyak, dan merupakan Negara dengan penduduk Mayoritas Islam terbesar di dunia. Walaupun Masih banyak kekurangan dalam diri Presiden Jokowi akan tetapi setidaknya sifat yang ada pada diri Jokowi telah memenuhi empat (4) Kategori tersebut, mari kita rinci satu per satu :

  1. SIDIQ/JUJUR, kejujuran adalah lawan dari dusta, atau dapat menunjukkan fakta, mari kita lihat fakta, perkataannya benar, dan juga tindakannya sesuai dengan fakta. Mari kita lihat Fakta apa yang telah dikerjakan Jokowi yang menunjukkan kejujuran. Jika kita melihat Presiden Jokowi kita lihat dari kacamata keluarga ana-anak Presiden Jokowi tidak ada yang ikut campur tangan dalam kekuasaanya justru anak -anaknya hanya menjadi tukang martabak, jualan pisang juga kopi, tidak ada satupun yang menjadi kontraktor untuk ikut dalam proyek-proyek pemerintah, bahkan putrinya mendaftar PNS pun tidak menggunakan power sebagai Presiden. Jujur mengenai Anggaran dari mulai sebagai Gubernur Jokowi mulai memberlakukan Anggaran secara online jadi semua bisa di akses oleh masyarakat. Mempermudah proses perizinan usaha yang dulu sangat rumit di buat menjadi sesimpel mungkin dan gratis. Dan membuat Tim saber pungli untuk mengatasi banyaknya pungutan liar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan modal kejujuran dan keihlasan  itulah kenapa Jokowi sangat disukai oleh Rakyatnya, terlihat disetiap kunjungan kerjanya selalu disambut masyarakat dengan suka cita. ” Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur” (QS- At- taubah :119)
  2. AMANAH/TERPERCAYA, Dengan sifat amanah seorang pemimpin akan menjaga kepercayaan masyarakat yang di serahkan di pundaknya, dengan mengelola apa yang Rakyat percayakan dengan baik dan benar demi kemaslahatan ummat. Bagaimana seorang Jokowi bisa disebut amanah, mari kita lihat seberapa besar Presiden Jokowi berusaha untuk membangun bangsa ini dengan fundamen yang kuat. Mulai dari pembangunan Infrastruktur sebagai fundamen yang kuat dalam rangka meninggkatkan produktifitas baik pertanian, perkebunan, perikanan dan Indusrti. Rakyat harus mulai sadar bahwa tanpa infrastruktur maka peningkatan ekonomi rakyat hanya mimpi belaka. Penanganan-penangan Korupsi tidak pandang bulu, walaupun dari partai pendukungpun jika terlibat korupsi maka hukum tetap berjalan. Dan Jokowi terus berjuang melawan mafia-mafia yang sudah bercokol dan menikmati kekayaan dinegara ini selama bertahun-tahun dari mulai Mafia Migas, Mafia Pangan dan mafia-mafia lain. Jadi wajar jika saat ini menuju Pilpres 2019 lawan Jokowi sangatlah banyak dan merupakan kekuatan besar yang telah di usik kenyamananya. Dan bukan hanya itu Jokowi telah mampu mengambil kembali usaha-usaha yang sangat menguntungkan tapi selama ini di kuasai oleh Luar Negeri demi kemakmuran rakyat Indonesia, contoh dari mulai Freeport, Blok mahakam, Blok Rokan yang telah kembali ke pangkuan Indonesia.
  3. TABLIGH/KOMUNIKATIF, kemampuan berkomunikasi adalah merupkan hal penting ke tiga yang harus dimiliki seorang pemimpin. Nah inilah yang sangat istimewa dari Presiden Jokowi baik komunikasi dengan Rakyatnya sampai di tinggkat Internasional selalu mendapat Pujian. Coba kita lihat bagimana Presiden Jokowi bisa membuat bahagia dari mulai Balita sampai orang tua dengan begitu dekatnya. Bagimana seorang Jokowi selalu dapat applous di event-event Internasional dan Jokowi adalah Negosiator handal yang mampu mengambil Freeport, Blok mahakam, Blok Rokan yang selama ini digenggam erat Amerika Serikat. Dengan komunikasi yang baik Presiden Jokowi mampu mendatangkan Investasi yang besar dari mulai Korea, China,Arab Saudi, bahkan Amerika, dan semuanya berjalan dengan baik.
  4. FATHONAH/CERDAS, seorang pemimpin harus mempunyai kecerdasan diatas rata-rata, sehingga dapat memecahkan segala macam persoalan yang ada di Negaranya dengan cepat dan tepat. Seorang yang cerdas akan sangat cepat mencari solusi, tidak mudah frustasi apalagi emosi, dengan hati yang dan bersih menyelesaikan masalah hingga tidak berlangsung lama dan bertele-tele. Orang yang cerdas pasti emosinya dapat terkontrol dengan baik karena tau harus bagaimana bersikap dengan suatu persoalan. Presiden Jokowi menunjukkan kecerdesannya dalam menyelesaikan segala persoalan dengan cepat, dari mulai persoalan Infrastruktur yang sudah berpuluh-puluh tahun mangkrak semua dapat diatasi dengan cepat. Pembangunan-pembangunan berjalan sangat cepat dan terstruktur baik. Kecerdasan Jokowi dalam menghadapi lawan politiknya juga sangat mumpuni, ditahun pertama yang begitu susah karena koalisi oposisi di DPR sangat kuat bisa di urai dan tercerai-berai. Dan masih banyak contoh kecerdasan Jokowi, yang membuat pemimpin dunia sangat kagum dengan kepemimpinannya.

Tentu Gambaran empat (4) sifat diatas yaitu Sidiq, Amanah, Tabligh dan Fatonah tidak akan mungkin bisa di samakan dengan Rosululloh SAW atau para Sahabatnya, karena Presiden Jokowi adalah orang biasa yang banyak kekurangan. Tetapi dengan gambaran diatas bisa kita kategorikan bahwa Presiden Jokowi adalah seorang pemimpin yang layak dipertahankan untuk memimpin Indonesia. Apalagi Jokowi juga sangat Konsen dalam membantu serta memperjuangkan sahabat-sahabat muslim kita seperti di Palestina, Rohingya. Maka tidak heran jika Presiden Jokowi Masuk dalam 500 Pemimpin muslim yang sangat berpengaruh di Dunia.

kedekatan Jokowi dengan para ulama-ulama sepuh di seluruh Indonesia, juga merupakan hal yang sangat positif untuk masyarakat muslim Indonesia. Perhatiannya untuk pesantren dan pendidikan Islam juga sangat  yang besar dibandingkan pendahulunya.

Apalagi dengan menggandeng KH. Ma’ruf Amin sebagai calon Wakil Presiden di 2019 yang merupakan pakar ekonomi Syraiah.  Ini benar-benar akan menjadikan tonggak sejarah EKONOMI KEUMATAN PERTAMA di Dunia.

Allah Swt Berfirman,” Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu, dan orang-orang yang diberi ilmu Pengetahuan berapa derajat” (QS;  Al- Mujadalah: 11).

Mari kita menangkan Jokowi agar Indonesia menjadi baik, adil dan makmur. (oleh Imam Iswadi – PartaiPPP.com)

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar Anda
Silahkan tuulis nama Anda