Korban Meninggal 420 Orang, Palu Pilu

0
376
Pray for sulawesi tengah
Media partai PPP mengucapkan Bela sungkawa

PartaiPPP.com – Sampai dengan Hari Sabtu korban yang sudah di evakuasi sudah mencapai 420 orang, korban diperkirakan masih terus bertambah karena 420 baru korban meninggal di Palu sedangkan korban dari kabupaten donggala belum masuk dalam daftar tersebut. Diperkirakan dari kota palu sendiri masih akan terus bertambah karena masih banyak gedung bertingkat dan ruko yang belum tersentuh terkendala oleh sulitnya akses jalan yang dilalui.

Saat Ini Kota Palu dan Kabupaten donggala masih membutuhkan banyak alat berat, pasokan listrik dan juga alat komunikasi. Kekuatan Gempa yang setara dengan 200 bom Nagasaki dan Hirosima ini benar-benar memutuskan semua jaringan baik jalan, listrik dantelekomunikasi, hingga kota palu dan Kabupaten donggala lumpuh total.

Sementara Presiden Joko Widodo memerintahkan Menko Polhukam Wiranto untuk segera membentuk tim penanganan dampak gempa, dan langsung memerintahkan TNI dan Polri untuk mengirmkan Personil guna membatu evakuasi, Pembangunan Rumah sakit sementara oleh TNI AL, TNI AU dan BNPB.

Untuk PLN diperintahkan Segera membenahi Gardu Induk yang Rusak dan mengirim Genset Raksasa untuk menanggulangi listrik yang padam. Kementrian sosial juga diperintahkan untuk menyiapkan bahan makanan siap saji, selimut, sembako, serta pakaian.

Bencana memang menyisakan kepedihan dan pilu yang mendalam, akan tetapi kesiapan menangani pasca gempa akan lebih penting. Kita harus sadar bahwa Indonesia terletak di atas lempeng bumi teraktif di dunia, maka gemp dan tsunami dapat terjadi kapan saja, Kesiapan-kesiapan pemerintah untuk menangani hal ini harus secara penuh dan siap siaga sepanjang masa.

Tinggalkan balasan