Jokowi: Infrastruktur merupakan kunci untuk mengejar ketertinggalan

0
360
pemerataan pembangunan
pembangunan jalan tol sebagai peningkatan infrastruktur

Jokowi dalam sambutannya ketika menghadiri HUT KADIN (Kamar Dagang Dan Industri Indonesia) mengatakan bahwa infrakstruktur yang gencar dilakukan merupakan langkah strategies dalam mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju lain. Menurut Jokowi, membangun sebuah negara tidaklah sama dengan membangun kerajaan bisnis.

Jika berpikiran membangun negara dalam sudut pandang ekonomi/bisnis, maka pembangunan infrastruktur cukup di pulau Jawa. Pulau Jawa selama ini merupakan sentra kegiatan ekonomi di Indonesia.  Juka hanya memikirkan return/keuntungan maka cukup bangun Jawa saja.

Akan tetapi, Jokowi melihat pentingnya untuk membangun Indonesia Bagian Timur. Ketimpangan infrakstruktur yang terjadi sangat mencolok dan lebar sekali. Hal ini pastilah tidak sesuai dengan sila ke 5 Pancasioal, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selain itu, Indonesia harus mampu menghadapi tantangan lebih berat lagi ke depan, yaitu situasi ekonomi global yang tidak menentu.  Jokowi menyebutkan bahwa Indonesia perlu menerapkan peningkatan dari 3 aspek yang penting agar mampu meraih kepercayaan dari publik dan investor.

Indonesia perlu meningkatkan aspek moneter, fiskal dan juga dunia usaha.  Apabila ke 3 aspek ini terbangun konsolidasi yang kuat, maka akan mudah mendapatkan trust, kepercayaan baik itu dari publik trust, international trust bahkan hingga market trust.

Sleain itu, Jokowi juga menambahkan bahwa kunci dari membangun bangsa adalah persatuan. Aset terbesar yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah kerukunan Umat beragama. Mengelola negara sebesar Indonesia tidaklah mudah. Dengan keragaman budaya, bahasa dan geografis, setiap daerah di Indonesia memiliki kebutuhan berbeda-beda yang perlu disikapi dengan bijak oleh pemerintah.

Pemerataan pembangunan di Indonesia bagian timur merupakan salah satu usaha agar mampu bersaing dengan negara lain. Saat ini, stok infrastruktur di indonesia baru mencapai 37% sedangkan negara lain sudah mencapai kemajuan 60-70%.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini