Jokowi bersikap hormat pada saat lagu Indonesia Raya berkumandang, salahkah?

0
240
Indonesia raya
Jokowi bersikap hormat pada saat lagu Indonesia Raya berkumandang,

Seusai pengambilan nomor urut peserta pilres 2019, dunia maya banyak membicarakan mengenai kejadian-kejadian seputar pengambilan nomor urut. Dimulai semenjak sebelum pengambilan hingga sampai proses pengambilan nomor urut usai.

Salah satu hal yang menjadi topk hangat adalah ketika Jokowi melakukan sikap hormat pada saat lagu Indonesia Raya berkumandang. Terlihat dari deretan peserta dan komisioner KPu dan peserta, Jokowi menjadi satu-satunya yang melakukan sikap hormat. Hal ini akhirnya menjadi salah satu hal yang kemudian dijadikan alat untuk menyerang Jokowi, salah satunya seperti yang diungkap oleh  ketua DPP Gerindra Habiburokhman.

Sekjen PPP Asrul Sani saat ditemui di Posko Cemara, menteng mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah substansi yang perlu diperdebatkan dan diperpanjang.  Menurut Asrul, kedua pasangan calon sudah menghimbau agar pilpres 2019 berlangsung aman, damai, dan bertarung dalam konteks gagasan.

Walaupun  begitu, kesalahan Jokowi ini merupakan kesalahan minor. Bukan hanya Jokowi saja yang memiliki kesalahan tersebut, hanya saja karena kebetulan saja pak Jokowi Presiden sehingga menjadi ribut.

Lalu bagaimanakah sikap saat lagu Indonesia Raya berkumandang sesuai aturan? Berdasarkan UU no 24 tahun 2009 mengenai Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan pasal 62, dijelaskan bahwa saat lagu Indonesia Raya berkumandang, maka setiap orang wajib untuk berdiri tegak dan bersikap hormat.

“setiap orang yang hadir pada saat lagu Kebangsaan diperdengarkan dan/atau dinyanyikan, wajib berdiri tegak dengan sikap hormat”.

Sikap “berdiri tegak dengan hormat”  tersebut juga diperjelas secara rinci dengan berdiri tegak di tempat masing-masing dengan sikap sempurna, meluruskan lengan ke bawah, mengepalkan telapa ktangan, dan ibu jari menghadap ke depan merapat pada paha disertai pandangan lurus ke depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini