Caleg PPP Mendulang Suara Kaum Milenial di Pemilu 2019

0
506
kader muda PPP mendulang suara kaum milenial

Pemilu 2019 dihelat pada April 2019. KPU telah melaksanakan Rapat Pleno DPT Hasil Perbaikan Tahap 1 dengan total jumlah pemilih 185.084.629 dari yang sebelumnya berjumlah 185.732.093. sedangkan untuk jumlah TPS dari jumlah 805.074 menjadi 805.062.

Dari jumlah pemilih tersebut, sebanyak 40% merupakan Kaum Milenial atau juga disebut dengan Pemilih Pemula. Dengan jumlah yang hampir separuh dari total pemilih, tak ayal kaum milenial menjadi sasaran target perolehan partai politik peserta permilu, termasuk partai PPP.

Ketua Umum PPP M Romahurmuzy menuturkan suara calon milenial merupakan potensi yang harus dikejar oleh PPP. Selama ini PPP dikenal sebagai partao politik bagi kaum senior. Hal ini mengingat kiprah PPP mengikuti Pemilu di sepanjang sejarah Pemilu Indonesia.

Kaum milenial, menurut Rommy saat ini lebih banyak tidak memiliki keterkaitan dengan partai politik. Kaum milenial lebih banyak memiliki ketertarikan kepada hobby, bisnis dan sebagainya. Semua Caleg dari PPP menurut Rommy, harus bisa mengkampanyekan PPP dan mereka sebagai kaum yang terbuka terhadap kritik, mampu menampung aspirasi anak muda.

Julian Zelizer, yang menulis artikel “Who Will Grab Millenial In Vote” dalam kontestasi politik Pemilihan Presiden  Amerika Serikat menuturkan bahwa suara generasi milenial sangat berpengaruh besar dalam penggiringan opini, pengorganisasian politik serta dalam penggalangan dana.  Selain itu,  kaum milenial juga hidup dalam era dunia digital. Sdalam menentukan pilihan politiknya, kaum milenial akan lebh jeli dan membuat pertimbangan pertimbangan logis mengenai calon yang akan dipilih.

Pilpres 2019 akan menjadi salah satu factor yang signifikan dalam panggung electoral Indonesia. Pada tataran ini, mereka akan diuji akankah tetap memiliki preferensi idealism dalam berpolitik atau akhirnya terjebak dalam politik pragmatis. Akan menjadi sangat penting bagi partai PPP dalam mentargetkan suara dari kaum milenial.

Kader Muda PPP Ppp menyiapkan kampanye strategies dan kreatif dalam mendulang suara kaum milenial.  Ketua umum PPP sendiri termasuk dalam kader  muda PPP yang mampu menduduki puncak pimpinan parpol. Selain itu, masih banyak kader muda PPP yang berhasil seperti Emil Dardak yang pada pilkada 2018 menang pilkada Jawa timur bersama Khofifah.  Hal ini tentunya menjadi daya tarik PPP dalam mendulang suara kaum milenial dimana ketua umum partai PPP merupakan kader muda.  Dibalut dengan style dan gaya kekinian dari ketum PPP, diharapkan PPP sukses mampu mendulang suara milenial.

Tinggalkan balasan