Apa Kata Pemimpin Dunia Tentang Jokowi?

0
530
Jokowi Dipuji Pemimpin Dunia
Perbincangan hangat antara Jokowi dan Trump

Kemenangan Jokowi pada pilpres 2014 yang lalu seperti menjadi hal baru yang sangat fenomenal. Joko Widodo yang diusung oleh 5 partai politik nasional yaitu PDI Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hanura, Partai Nasdem dan PKPI mampu mengalahkan Calon Presiden yang diusung Gerindra dan koasli besarnya yaitu Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) – versi Suryadharma Ali, Partai Amanat Nasional (PAN) dan didukung oleh Partai Bulan Bintang pimpinan Yusril Ihza Mahendra.

Kemenangan Jokowi atas kandidat lainnya yaitu Prabowo Subianto membuka sejarah baru, bahwa seorang rakyat jelata bukan dari kalangan Ketua Umum Partai atau memiliki garis keturunan ningrat ternyata juga bisa menjadi orang nomor satu di Republik Indonesia. Setelah menjabat, Jokowi yang sangat terkenal dengan gaya blusukannya, terus melakukan blusukan dan membuat kebijakan-kebijakan untuk mewujudkan Nawacita.

Prestasi Presiden Joko Widodo mendapat berbagai pujian dari pemimpin-pemimpin dunia. Pujian-pujian itu tentu saja memang karena prestasi yang telah dicapainya setelah berbagai kebijakan baik di dalam maupun luar negeri membuahkan hasil.

Inilah pujian-pujian dari pempin dunia untuk Jokowi:

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull

JokowiDiakui Sebagai Pemimpin Dunia
Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull di Sydney, Australia, Minggu (26/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Reed

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipuji sebagai role model atau panutan dunia saat ini dalam menjaga semangat demokrasi dan multikulturalisme. Pujian itu disampaikan PM Australia Malcolm Turnbull ketika bertemu para pemuda yang tergabung dalam program Indonesia-Australia Youth Interfaith Dialogue dan Australian Moslem Youth, acara yang diselenggarakan di sela ASEAN-Australia Special Summit 2018.

“Indonesia mendukung demokrasi, Islam dan semangat moderat. Berdiri di samping saya, salah satu pemimpin paling penting dan menjadi panutan dunia saat ini, saya sangat merasa terhormat bertemu dengan Anda,” kata PM Malcolm Turnbull di Sydney, Sabtu (17/3/2018). (Sumber: tirto.id

Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Jokowi Dipuji Pemimpin Dunia
Perbincangan hangat antara Jokowi dan Trump
Foto sumber: Tribunnews.com

Indonesia dinilai berhasil memadukan antara pertumbuhan dan pemerataan ekonomi sehingga mendapat pujian dari Presiden Amerika Serika Donald Trump. Presiden AS Donald Trump memuji Indonesia saat berpidato dalam pembukaan APEC bahwa Indonesia selama beberapa dekade telah membangun institusi domestik dan demokratis untuk mengelola hingga dari 13.000 pulau.

“Kita berhasil mengkombinasikan antara pertumbuhan dan equity (pemerataan), himbauan Presiden Jokowi di ABAC misalnya internasionalisasi UMKM, kemudian akses kepada modal itu juga adalah yang disampaikan pesan kepada para anggota APEC,” kata Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir.

Menurut Trump, sejak 1990-an, rakyat Indonesia telah mengeluarkan diri mereka dari kemiskinan untuk menjadi negara dengan pertumbuhan pesat di G20. Apalagi Indonesia saat ini adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Sumber: merdeka.com

Direktur IMF Christine Lagarde

Direktur IMF Christine Lagarde Dan Jokowi
Direktur IMF Christine Lagarde dan Presiden Joko Widodo
Foto sumber: tempo.co

 

 

 

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Panjaitan, menjelaskan Direktur IMF Christine Lagarde mengapresiasi fundamental ekonomi Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Bahkan, Luhut menyebut di jajaran G-20, Indonesia menempati posisi nomor tiga.

“Di dalam G-20, India, China, Indonesia meski memang dalam basis data keekonomian kita jauh lebih baik dari India dan China,” katanya.

Menurut Menko Luhut, Presiden Jokowi dianggap sebagai pemimpin yang berbeda karena memahami ekonomi makro secara detil dan dinilai bekerja dengan hati. Sumber: merdeka.com

Chairman Forbes Media Steve Forbes

Chairman Forbes Media Steve Forbes
Chairman Forbes Media Steve Forbes
Foto sumber: rappler.com

Chairman and Editor in Chief Forbes Media, Steve Forbes memuji Presiden Joko Widodo sebagai salah satu tokoh perubahan yang memberi banyak perubahan terhadap pembangunan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, mantan Wali Kota Solo tersebut adalah orang dengan latar belakang yang tepat untuk membangun perekonomian Indonesia.

“Presiden Jokowi adalah reformis yang sudah membangun Indonesia. Sebelum dia memasuki dunia politik, dia wirausahawan. Dia tahu bagaimana hal terjadi di pasar, miliki bisnis mebel dan dia frustasi dengan birokrasi, dan dia melakukan sesuatu, dia tidak mengeluh dan justru melakukan yang baik. Dia seorang Wali Kota sukses di Solo dan Gubernur. Dia mengambil pendekatan sebagai wirausahawan saat jadi presiden,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga dinilai telah memberi kemudahan kepada dunia usaha. Salah satunya melalui pemotongan izin yang dinilai terlalu lama dan panjang. “Dia juga mengeluarkan program amnesti pajak, dia menetapkan target 7 persen yang membuat Indonesia sebagai salah satu dari 10 ekonomi terbesar di dunia.” Sumber: merdeka.com

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Dan Preswiden Jokowi
Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Dan Preswiden Jokowi

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim memuji Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi cukup pesat. Indikatornya ialah pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa berada di angka lima persen ditengah gejolak dunia.

“Indonesia memiliki pertumbuhan lebih dari 5 persen yang akan membuat iri mayoritas negara dunia,” ujarnya dalam konferensi pers usai pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

Dia mengatakan Indonesia adalah negara penting bagi dunia. Maka dari itu, Bank Dunia ingin bekerja sama dengan pemerintah maupun sektor swasta.

“Kami akan menunjukkan seberapa cepat sebuah negara berkembang dapat beralih dari status rendah ke menengah ke atas. Kami percaya bahwa itu mungkin di sini (Indonesia),” katanya. Foto dan tulisan Sumber: merdeka.com

Presiden ADB Takehiko Nakao
Presiden ADB Takehiko Nakao Dan Menteri Keuangan Sri Mulyani

Presiden Asian Development Bank (ADB), Takehiko Nakao, memuji pemerintah Indonesia atas kebijakan ekonomi yang telah diambil di tengah ketidakpastian dunia. Sebab, ekonomi Indonesia berhasil tumbuh hingga 5 persen.

“Saya ingin sampaikan bahwa saya sangat terkesan dengan komitmen dari pemerintah dan Presiden Jokowi terhadap reformasi kebijakan,” tuturnya.

Menurutnya, berbagai kebijakan dalam paket yang dikeluarkan oleh pemerintah mampu untuk menarik minat investor untuk dapat berinvestasi di Indonesia. Hal ini pun mampu dimanfaatkan oleh Indonesia untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi. Foto dan tulisan sumber: merdeka.com

Dunia mengakui kehebatab Jokowi, dan dunia tahu bahwa Jokowi memang hebat. Lalu bagaimana menurutmu tentang Presiden RI Joko Widodo?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini