5 Alasan Kenapa Harus Pilih Jokowi

1
488
Kenapa Pilih Jokowi
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan selamat saat pemberian bonus kepada atlet peraih medali di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9). Pemerintah memberikan bonus kepada para atlet yang berhasil meraih medali dalam ajang Asian Games 2018. Sumber gambar: banjarmasinpost.co.id

Pemilihan Umum 2019 kini seakan menghitung hari. Calon presiden kini sudah mulai berebut simpati. Petahana Presiden Joko Widodo akan  bersaing kembali dengan lawan yang sama pada Pemilu 2014 lalum Prabowo. Jika pada Pemilu 2014 Joko Widodo meraih kemenangan bersama dengan wakil Presiden Jusuf Kalla, maka pada Pemilu 2019 ini Presiden Joko Widodo akan berdampingan dengan ketua MUI KH. MA’ruf Amin sebagai calon wakil presiden.

Visi misi dari masing-masing calon akan sangat menjadi penting untuk menjadi salah satu magnet dalam pemilih untuk memberikan suara bagi calon presiden pilihan mereka. Sebagai calon petahana, Joko widodo memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah prestasi serta keberhasilan dalam membangun Indonesia. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perlu bagi pemilih untuk memilih kembali Joko Widodo sebagai presiden RI untuk periode 2019-2024.

  1. Karakter pemimpin dari Joko Widodo

Pemimpin merupakan panutan, rujukan atas apa yang akan dilakukan. Ketika seseorang menjadi pemimpin, maka keterampilan (skills) dan karakter merupakan dua hal terpenting. Karakter merupakan soft skills yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Karakter pemimpin yang baik adalah seseorang yang jujur, tanggung jawab, disiplin dan berani. Selain itu, keterampilan dasar seperti keterampilan berkomunikasi, membangun misi dan visi,  menyusun perencanaan tujuan yang akan dicapai, kecakapan dalam menangani konfilk, ketajaman dalam membangun tim yang solid dan hebat, serta kebijakan dalam mengambil keputusan.

Baca juga:

  1. Jujur dan sederhana. Sejak awal kemunculan Joko Widodo dalam kancah politik Indonesia, jujur dan kesederhanaan menjadi karakter penting yang dimiliki oleh Joko Widodo. Melalui gesture, mimic, serta nada suara  pada saat Joko Widodo berpidato, kita bisa melihat dua karakter tersebut. Jujur dan sederhana bahkan tak hanya terlihat dari Joko Widodo semata, namun juga dari keluarganya , putra putri yang bahkan tidak masuk ke dunia politik dan memilih bisnis. Hal ini sangat berbeda dengan presiden-presiden sebelumnya yang memiliki keluarga yang duduk dalam politik.
  2. Mengutamakan kebutuhan rakyat. Sedari awal sejak Joko Widodo memimpin sebagai presiden Republik Indonesia, Joko Widodo selalu mengedepankan kepentingan rakyat diatas kepentingan golongan, parta, maupun pribadi. Hal ini pastilah tidak mudah, apalagi sebagai presiden yang diusung oleh partai. Meskipun begitu, Joko Widodo mampu membuktikan bahwa dia konsisten dalam menempatkan kepentingan rakyat diatas segalanya.
  3. Memiliki visi ke depan yang jelas dan terstruktur.

Sebagai seorang pemimpin, Joko Widodo memiliki visi yang jelas bagi kemajuan Republik Indonesia.  Selama hampur 5 tahun memimpin Indonesia, Joko Widodo mnengutamakan pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia. Meskipun tak bisa dipungkiri, ada banyak pro-kontra dalam visi pembangunan Joko Widodo, namun siapapun pasti tak bisa membantah bahwa pembangunan yang merata saat ini, telah memberikan energy  positif bagi pembangunan dan pemerataan ekonomi Indonesia.

  1. Dapat merangkul semua kalangan

Kita pastinya masih ingat, ketika Joko Widodo melaksanakan open house dengan beberapa komunitas maupun organisasi seperti para pegiat media social, tukang ojek, bahkan hingga anak sekolah sekalipun di Istana. Istana seakan menjadi rumah bagi rakyat Indonesia. Istana seakan menjadi sangat terbuka bagi rakyat di era kepemimpinan Joko Widodo.  Tak hanya itu, Joko Widodo bahkan mampu merangkul mereka yang sempat menjadi lawan di Pemilu 2014. Tercatat, ada beberapa nama yang merupakan lawan Joko Widodo  ataupun tim kampanye Prabowo di 2014, justru menjadi tim dari Joko Widodo di Pemilu 2019, atau bahkan menempati beberapa posisi di pemerintahan.

Koalisi tanpa syarat yang dilaksanakan oleh Joko Widodo terbukti mampu membuat pemerintahan yang stabil. Meskipun diusung oleh partai, Joko Widodo lebih banyak memilih orang-orang yang professional di bidangnya untuk menempati posisi sebagai menteri. Seperti diketahui, selama ini ketika seorang presiden terpilih, maka menteri diangkat dari partai politik pengusung. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi Joko Widodo. Joko Widodo berani mengambil resiko untuk tidak didukung oleh partai besar karena memilih “the right man in right position” lebih penting daripada hanya sekedar bagi-bagi kursi kekuasaan semata.

Hal ini terbukti dalam menciptakan kabinet yang efektif dalam pemerintahan. Hal ini merupakan bukti bahwa Joko Widodo merupakan orang yang memiliki sifat yang tegas.

  1. Dicintai oleh rakyat

Seorang pemimpin hendaklah dicintai oleh rakyatnya.  Kunjungan presiden Joko Widodo ke daerah-daerah di Indonesia, selalu disambut dengan baik. Presiden Joko Widodo selalu dielu-elukan setiap melakukan kunjungan, tak hanya di dalam negeri, namun juga ketika melakukan kunjungan ke luar negeri.

  1. Kerja, kerja, dan kerja

Ini merupakan slogan yang menjadi moto bagi Joko Widodo dalam memimpin kabinet dan pemerintahannya. Dengan kerja keras dan kerja cerdas, bangsa Indonesia akan mampu mengejar ketertinggalan dari Negara-negara Asia Tenggara atau bahkan Asia sekalipun.  Kita tentunya sudah sangat paham dengan kerja “blusukan” Joko Widodo yang terasa langsung hingga ke akar rumput.

Budaya “blusukan” ini bahkan sudah dijalankan Joko Widodo semenjak masih menjabat sebagai walikota Solo. Dengan blusukan, Joko Widodo  dapat bertemu langsung dengan rakyat dan dapat mendengar keluhan dari rakyat Indonesia.  Segudang prestasi telah ditorehkan oleh Joko Widodo selama menjabat sejak dari walikota Solo, Gubernur Jakarta, bahkan hingga menjadi presiden Republik Indonesia.

Ikuti:

Hasil kerja Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo telah memberikan kemajuan yang sangat pesat selama masa kepemimpinannya. Menjaga laju inflasi tetap aman, perbankan yang sehat, serta iklim perekonomian yang mampu bersaing dengan dunia. Indonesia saat ini telah dinyatakan sebagai Negara yang layak investasi. Hal ini tak luput atas kerja keras Joko Widodo yang menjalankan proses birokrasi yang mudah, cepat dan menjamin keamanan investasi pada para investor.

Pembangunan yang diarahkan ke Indonesia bagian Timur telah terbukti memajukan pemerataan ekonomi di daerah ini. Jika selama ini pemerataan ekonomi terpusat di Jawa, Indonesia Timur kini sudah merasakan BBM satu harga di seluruh Indonesia, jalan-jalan baru yang memberikan akses transportasi lebih mudah, bandara serta pembangunan perbatasan demi menjaga perdamaian  dan kedaulatan NKRI.

Dalam ekonomi, disaat Negara tetangga Malaysia terpuruk karena nilai ringgit serta beban utang yang mengancam bangkrut, Indonesia justru mampu bertahan.  Saat ini, saham PT.Freeport telah disetujui menjadi 50% untuk Indonesia.  Hal ini pastinya menjadi salah satu keuntungan lain bagi Indonesia sebagai tambahan pemasukan bagi Indonesia. Program-program yang Pro-Rakyat menjadi salah satu sebab mengapa rakyat Indonesia mencintai presiden Joko Widodo.

Ketika pemilihan umum sudah tinggal menghitung hari, tentunya kita akan semakin banyak disuguhi visi dan misi calon presiden. Hanya dengan melihat hasil yang telah dicapai oleh pemerintahan Joko Widodo selama 5 tahun ini, maka kita bisa memantapkan hati mengapa memilih Joko Widodo sebagai presiden periode 2019-2024. Presiden Joko Widodo harus lanjut ke dua periode agar dapat menyelesaikan pekerjaan yang berkesinambungan.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar Anda
Silahkan tuulis nama Anda